Sambal Tempe

Bagaimana kabar hari ini teman-teman? Semakin sibukkah? Baiklah, sesibuk apapun kita, jangan lupa sisihkan sedikit waktu untuk sejenak bersantai ya ! Hehe ... Eh tapi ngomong-ngomong tentang bersantai, pasti tetap kan ya harus menyiapkan makanan untuk orang-orang tersayang, khususnya keluarga? 

Dalam hal menyiapkan makanan untuk keluarga ada kalanya menu kesukaan kita sendiri kadang terkalahkan. Tapi gak apa-apa sekali-kali kita bisa meluangkan waktu untuk memasak kesukaan kita sendiri.  Menu makanan apa sih yang paling kalian suka? Makanan berkuah ataukah yang kering-keringan saja? Ingin tahu masakan kesukaan saya? Hehe ... 

Baiklah di sini saya akan sedikit cerita tentang salah satu menu kesukaan saya. Apakah itu? Cukup hemat dan sederhana saja kok, yaitu "Sambal Tempe". Yeah ... ini adalah salah satu menu paforit saya. Saya yakin pasti menu ini sudah tak asing lagi bukan?

Sambal tempe, terdiri dari dua kata yaitu sambal dan tempe. Kita tahu sambal kan? Sambal pun ada bermacam-macam jenis. Namun seperti yang sudah saya katakan, di sini yang akan saya bahas adalah sambal tempe. Tempe, makanan yang terbuat dari bahan dasar kedelai ini hampir tak ada bosannya bila dimakan, meskipun hampir setiap hari menyantapnya. Selain bisa untuk dijadikan cemilan dengan cara digoreng pakai tepung, pun tempe bisa dijadikan lauk sebagai teman nasi. Namun kalian juga pasti tahu, tempe ini tak hanya bisa digoreng, melainkan juga disayur ataupun disambal. Yupz ... 

Sambal tempe adalah lauk sederhana yang tak kalah lezat dibandingkan ayam goreng. Hihi ... ini menurutku. Sambal tempe ini juga menjadi salah satu jalan pintasku di saat tak ada sayur, baik karena lagi tak selera, ataupun lagi gak ada ( uangnya ) hihi... Percaya gak sih jika hanya dengan  berlauk sambal tempe saja sudah bisa jadi alasan untuk menambah porsi lebih dari biasanya? 

Lalu, bagaimana cara membuatnya? Tak perlu khawatir, karena caranya cukup simpel, tak perlu ribet. Saya rasa semua orang juga sudah lebih pintar membuatnya, walaupun mungkin resep dan cara yang dipakai masing-masing orang berbeda. 

Kalau saya, seperti ini ( saya tulis hanya untuk porsi kecil ) :

1. Bumbu yang perlu disiapkan untuk 

    membuat sambal :

a. 1 siung bawang putih kating

b. 3 siung bawang merah

c. 3 butir cabai ( tergantung selera ) 

d. garam ( secukupnya ) 

e. gula ( secukupnya ) 

f.  2 sdm minyak goreng


2. Tempe : 

     ( Kalau saya lebih suka yang dikemas 

       pakai daun pisang ), 

     Siapkan 2 bungkus. 


Cara membuatnya, bisa dengan tiga alternatif :

1. Semua bumbu ( kecuali minyak ) diuleg          kemudian masukkan tempe, diuleg juga, 

umis tempe yang sudah diuleg tadi ke dalam minyak goreng sambil diaduk-aduk sampai matang.

2. Atau bisa juga bumbu yang sudah dihaluskan ditumis, baru masukkan tempe yang sudah diuleg kasar. 

3. Cara ketiga, tempe digoreng lebih dulu, baru diuleg kasar, lalu dimasukkan ke dalam sambal, aduk hingga rata dan siap disajikan. Terserah selera mau pakai cara yang mana. 

Setelah itu, sambal tempe siap disajikan. Lebih enak jika nasinya hangat. 

Demikian tips sambal tempe ala saya. Mohon maaf bila masih belum pas dalam takaran dan rasa. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Tugasku, Mana Tugasmu?

Kunci

Harap yang Masih Tersemat