Belajar Bahasa Arab, Siapa Takut? ( Pindahan 24 Januari )

 Belajar Bahasa Arab, Siapa Takut? 


Belajar bahasa Arab bagi sebagian orang bisa jadi masih menjadi momok, dalam arti hal yang sangat menakutkan. Mengapa? Karena terbayang betapa sulit dan memusingkannya. Eh tapi gak usah khawatir ya ! Saat ini hal tersebut tak perlu lagi ditakutkan karena nyatanya tidaklah demikian, apalagi setelah hadirnya sebuah metode yang sangat mudah untuk dipahami, FAHIMNA. 

Seperti telah kita ketahui bersama, bahasa Arab adalah bahasa kitab suci umat Islam, Al Qur'an. Sebagai seorang muslim, Al Qur'an merupakan pedoman hidup yang harus dipahami dan diamalkan yang berisi petunjuk-petunjuk demi keselamatan hidup di dunia hingga akherat kelak. Untuk dapat memahami isinya tentu saja harus terlebih dahulu mengerti apa isi yang terkandung di dalamnya. Nah, agar kita bisa mengerti dan memahaminya, kita perlu mengetahui arti-arti dalam setiap kalimatnya. Oleh karena itu, kita harus sadar bahwa betapa pentingnya kita untuk bisa berbahasa Arab dengan baik.

Adakah yang masih kesulitan untuk menemukan seorang guru dan metode yang pas dalam pembelajaran bahasa Arab? Berikut akan saya perkenalkan sebuah metode yang sangat mudah, namanya FAHIMNA. 

Memang dalam mempelajari bahasa Arab, sangat diperlukan seorang guru sebagai  pembimbing. Tentu saja yang paling afdhol adalah jika kita bisa bertatap muka secara langsung dengan guru tersebut. Namun bagi yang merasa kesulitan memperoleh guru secara langsung, tidak perlu khawatir karena saat ini juga sudah cukup banyak pembelajaran dengan cara online, dan metode Fahimna adalah salah satu solusinya. Metode ini sangat membantu kita untuk bisa belajar memahami materi bahasa Arab dengan mudah. Guru atau pembimbing metode Fahimna sudah sangat kompeten yang tidak perlu diragukan lagi. Beliau telah mengalami dan melalui sendiri proses yang begitu panjang dengan beberapa guru yang ahli dan berpengalaman di bidangnya. 

Namanya Mujianto, saat ini tinggal di Jakarta. Beliau mengajarkan metode Fahimna dalam pembelajaran bahasa Arab secara online melalui beberapa media, antara lain group wa, fb dan telegram. Pada group wa, peserta ikhwan dan akhwat dipisahkan, tidak digabung. Group pun dibagi menjadi dua kelompok yaitu :
1. Group khusus materi
2. Group diskusi yang berhubungan demgan materi yang diberikan. 
Peserta diwajibkan juga mengerjakan latihan soal setelah pemberian materi, dan sekali dalam sepekan ada tugas yang harus dikerjakan oleh peserta dan disetorkan kepada musyrifah masing-masing sebagai penanggung jawab setiap kelompok. 

Adapun beberapa kelebihan dari metode belajar bahasa Arab Fahimna antara lain : 
1. Kelas materi dibagi menjadi beberapa level, diawali dengan level 1 sampai level 6, yang bisa diikuti oleh siapa saja terutama bagi yang masih pemula banget. 
2. Setiap materi ada buku panduan secara khusus yang bisa dipelajari, berupa ebook, dan bisa juga membeli buku fisiknya dengan harga yang sangat terjangkau. 
3. Ada penjelasan materi yang ditunjang dengan audio. 
4. Terdapat latihan-latihan soal yang harus dikerjakan ( yang disertai kunci jawaban ). Namun meskipun sudah ada kunci jawaban, peserta diharapkan mengerjakannya lebih dahulu tanpa melihat kunci jawaban. 
5. Ada pembahasan soal yang sudah disetorkan sehingga peserta tahu mana yang benar dan mana yang masih salah. 6. 6.Semua pekerjaan peserta akan dinilai.
7. Nilai yang diperoleh akan direkap untuk menentukan kelulusan. 
8. Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat dengan nilai disertai predikatnya.
9. Bagi peserta yang lulus bisa melanjutkan ke level berikutnya. 
10. Biaya yang dibayarkan adalah seikhlasnya dan semampunya. 
11. Lama waktu yang diperlukan masing-masing level tidak sama. 

Pelatihan Bahasa Arab Online Metode Fahimna

Pelatihan Bahasa Arab Online Via Facebook


Untuk level 1, lama waktu yang diberikan adalah selama enam pekan. Buku panduan yang dipakai berjudul Menyusun Kalimat dan Cerita Pendek Sederhana dalam Bahasa Arab. 

Nah, bagaimana setelah mengetahui sekelumit gambaran tentang metode Fahimna dalam pembelajaran bahasa Arab ini? Menarik bukan? Ayo, jangan takut lagi untuk belajar bahasa Arab ! Saya telah membuktikannya. Saya merasa dengan metode ini, pembelajaran bahasa Arab lebih mudah saya terima dan lebih mudah pula saya pahami. Gunakan kesempatan Anda, jangan sampai ketinggalan ! 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Tugasku, Mana Tugasmu?

Kunci

Harap yang Masih Tersemat