Memasang GSC ( Pindahan 10 Januari )

  Memasang GSC, Sebuah Pengalaman yang Penuh Suka Duka

Apa itu GSC? Adakah yang belum tahu tentang GSC? Tenang kawan, banyak temannya kok. Saya tahu juga baru saja seminggu yang lalu. Itu pun masih sebatas kulit luar, belum mendetail sampai ke dalam. 

GSC adalah istilah yang masih asing bagi saya khususnya. Bagi seseorang yang memang berkeinginan menjadi blogger profesional, mau tak mau harus kenal dan belajar dengan materi ini. 

Demikian juga saat ini, GSC yang merupakan singkatan dari Google Search Consule, adalah materi kelima yang harus dipahami. Selain sebagai materi, juga merupakan tugas yang harus dibuat oleh anggota blogger kali ini. 

Sebelum materi tentang GSC ini, sudah ada beberapa materi yang diberikan antara lain tentang cara membeli domain, menulis tentang saya di halaman blog, membuat Google Analytic ( GA ) dan Search Engine Optimation ( SEO ). 

Awalnya tentu saja istilah-istilah tersebut masih asing dan serasa sulit. Terbayang betapa bingung dan pusingnya berteman akrab dengan hal-hal demikian. Namun bagaimana pun kita harus tetap akrab dengannya. Dari sedikit demi sedikit dan pelan - pelan pasti akhirnya kita akan familiar dengan sendirinya jika kita sudah sering menguliknya. Dengan dibimbing para mentor yang sudah handal, kita akan dibimbing satu per satu untuk mempelajarinya. Setelah masing - masing materi selesai diberikan, kita akan diberi tugas untuk dipraktekkan, yang harus diselesaikan dengan tenggang waktu satu minggu. 

Bagi yang belum paham, dibuka juga ajang bertanya. Di situ kita bisa bertanya seputar materi yang belum dipahami. Di sini kadang saya sedikit pasang muka tembok sebab harus sampai bertanya berkali-kali. Saya sadar sih, barangkali Sang Mentor atau teman - teman yang lain ada yang ikut kesal dengan banyaknya pertanyaan yang saya ajukan. Tapi karena memang tidak saya mengerti ya bagaimana lagi? 

Tapi entah mengapa dibandingkan dengan materi-materi sebelumnya, materi GSC ini adalah materi yang lebih cepat saya pahami. Entah karena memang cukup mudah atau karena saya sudah mulai sedikit berani dan mulai biasa utak-atik, saya tak tahu pasti. 

Satu hal yang membuat hati ayem ( tenang ) ketika kita mau membuat GSC yaitu saat pertama kali mendapati tulisan yang terlihat pada layar tampilan berbunyi " Selamat Datang di Laman Google Search Consule". Hehe ... auto ces dech hati ini, serasa bertemu dengan si doi. Ups. 


Selamat Datang di Google Search Console



GSC merupakan singkatan dari Google Search Console. Mengapa kala mempelajari ini, saya merasa lebih mudah? Karena di samping berupa video, tutorialnya juga karena skrinsutan langkah-langkahnya lebih jelas, jadi lebih mudah untuk dibaca., meskipun tetap saja ada hal-hal yang kadang membuat mis understanding antara saya dan mentor, karena perbedaan bahasa dan tata letak pada tema. Jadi kadang-kadang merasa geli sendiri karena berasa oon gara-gara tidak menemukan petunjuk yang dimaksud disebabkan beda pemahaman. Itulah sebabnya saya yang paling banyak tanya. Walhasil tepuk jidat sendiri dong ya. Tapi tak apalah. Toh tidak sesakit seperti kalau ditinggal pas sayang-sayangnya. Eaa. 

Saya di sini memang tidak akan menuliskan tentang langkah-langkah dan manfaat GSC, karena saya belum kompeten untuk menyampaikannya. 

Berbeda dengan saat rekruitmen ODOP dulu, tugas Blogger Squad ini diberikan seminggu sekali setelah pemberian materi. Jadi banyak waktu yang tersedia untuk belajar dan memahami. Akan tetapi biasanya saya tidak langsung bisa fokus membaca begitu materi selesai diberikan. Setidaknya perlu waktu satu atau dua hari saya endapkan. Kenapa ? Karena jujur saja saya belum siap menerima istilah-istilah baru dalam materi bersangkutan, termasuk dalam materi GSC ini. Karena itulah, demi menghindari pusing dan stres duluan, ya jalan satu-satunya saya endapkan dulu. Hehe ... Barulah nanti setelah mood benar-benar siap, perlahan-lahan saya buka kembali materi itu, saya baca pelan-pelan dan berulang juga, karena tak bisa sekali langsung paham.

Kendala dalam memahami pasti ada. Salah satunya karena jarang dan takut salah dalam mengulik dashboard dan mengenali dapur blog sendiri. Sang Mentor pun berulang - ulang mengingatkan agar kita jangan takut untuk mencoba. 

Salah satu kendala bagi saya sebetulnya bukan karena malas mencoba tetapi lebih tepatnya khawatir salah, karena dalam bayangan saya, jika salah mengulik akan berakibat fatal. Sebab memang karena belum mahirnya memaknai istilah-istilah asing, seperti ketika membuat GSC. Ada beberapa istilah semisal crawling, sekilas, cakupan, performa dll yang belum saya pahami maknanya. 

Setelah GSC jadi pun, rasanya saya masih merasa belum matang. Jadi yang penting asal jadi dulu, dengan tidak menutup kemungkinan untuk terus belajar  pelan-pelan, dibenahi sambil jalan. 







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ini Tugasku, Mana Tugasmu?

Kunci

Harap yang Masih Tersemat